Workshop Best Practice Kejasama Desa Lurah Mulo di Jakarta

aedanar3@gmail.com 23 Maret 2021 09:53:14 WIB

Hari Selasa - Rabu 16-17 Maret 2021 Lurah Mulo Sugiyarto, A.Md. dan Panewu Wonosari Drs. Siswanto datang ke Jakarta. Bertempat di Hotel Orchard Industri, Jl. Industri Raya No. 8, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut beliau tidak hanya menjadi tamu undangan tapi menjadi Narasumber dalam acara Workshop Best Practice Kerjasama Desa di Jakarta. Acara tersebut diadakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa. Secara tidak langsung membawa nama baik Kapanewon Wonosari khususnya Kalurahan Mulo di tingkat Nasional.

Dalam rangka meningkatkan perekonomian Desa melalui pelaksanaan kerjasama desa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 96 Tahun 2017 tentang Tata Cara Kerjasma Desa di Bidang Pemerintahan, maka Desa Mulo dijadikan rekomendasi bagi Desa lain terhadap pelaksanaan Kerjasama Desa.

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mengadakan kegiatan Workshop Best Pratice Kerjasama Desa untuk meningkatkan Perekonomian Desa yang dihadiri oleh Aparatur Pemerintah Provinsi dan Aparatur Pemerintah Kabupaten sebagai bahan pembinaan Aparatur Pemerintah Desa dalam mengembangkan Kerjasama Desa.

Acara Workshop dihadiri lebih dari 50 perwakilan Dinas yang terkait Pemberdayaan Masyarakat Desa seluruh Indonesia yang dipilih karena keberhasilannya membangun wilayah yang salah satunya Kalurahan Mulo.

Dalam acara Workshop tersebut Panewu Wonosari menjadi narasumber dengan materi, "Peran Camat dalam melakukan pembinaan terhadap pemerintah Desa dalam Mengembangkan Kerjasama Desa guna meningkatkan Perekonomian Desa".

Sedangkan Lurah Mulo menjadi narasumber dengan tema, " Best Practice Kerjasama Desa di Desa Mulo dalam meningkatkan Perekonomian Desa". Bukan menjadi tamu undangan,tetapi menjadi Narasumber yang harus berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana cara mengelola, mengembangkan dan meningkatan Ekonomi Desa dihadapan delegasi seluruh Indonesia.

Tentunya kita patut bersyukur dan bangga Kalurahan Mulo menjadi percontohan tingkat Nasional Desa Seluruh Indonesia atas keberhasilannya membangun tata kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang baik akuntable dapat meningkatkan perekonomian Desa.

Dokumen Lampiran : Workshop Best Practice Kejasama Desa Lurah Mulo di Jakarta


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar